Friday, August 11, 2006

Vaksinasi Bisa Menghentikan Kebiasaan Merokok

Pembaca ....... Achtung !!!!!

Kebiasaan merokok bukanlah jenis penyakit, namun justru kerap bikin penyakit. Untuk membuat perokok menghentikan kebiasaannya pun sulitnya bukan main.

Jika niat berhenti merokok sering gagal, sebuah vaksin bernama NicVax kini sedang diujicobakan oleh peneliti di Amerika Serikat untuk menyetop kebiasaan merokok. Vaksin ini bekerja mengurangi kenikmatan dari merokok. Pada prosesnya vaksin ini akan memproduksi antibodi yang menghalau molekul nikotin sekaligus mencegahnya untuk memasuki otak.

Dalam uji coba vaksin diberikan kepada 300 responden yang ingin berhenti merokok. Tiga dosis NicVAX diberikan pada hari pertama, ke 14, dan ke-28. Hasilnya, terjadi peningkatan jumlah antibodi dalam tubuh yang menetralkan jumlah nikotin dalam darah sekaligus mengurangi keinginan merokok. Dosis keempat diberikan pada hari ke-182 membentuk antibodi yang lebih tinggi untuk menghalau nikotin.

Juru bicara Nabi Biopharmaceuticals--produsen NicVax--Thomas Rathjen mengatakan, hasil keseluruhan dari studi yang sudah dimulai sejak 2002 ini akan terlihat jelas tahun depan. Jika hasil studi ini menunjukkan keberhasilan, selang tiga tahun mendatang NicVAx akan muncul di pasaran.

Kelak kita tinggal datang ke puskesmas untuk bisa berhenti merokok. Kepada dokter yang bertugas kita cukup mengatakan, "Dok, saya perlu vaksinasi antinikotin. Saya mau berhenti merokok". (Bimo) [http://kompas.com/]

No comments: